- Home »
- FESTIVAL MARCHING BAND
1.
NAMA KEGIATAN : FESTIVAL MARCHING BAND
a) Lomba
1)
Peserta
:
·
Divisi
Senior Non Brass (SMP-SMA)
·
Divisi
Senior Brass (SMP-SMA)
2) Tempat Perlombaan :
SMAN 1 Cianjur
3) Tanggal pelaksanaan:
Minggu, 8 Maret 2015
Pukul 07.00 am
4) Tanggal pendaftaran :
10Januari- 1 Februari
5) TM :
1 Februari 2015
6) Biaya Pendaftaran :
Rp. 400.000 -;
4)Teknis Perlombaan :
A.
UKURAN LAPANGAN
Mata lomba
display dilaksanakan di ruangan terbuka (Outdoor), dengan ukuran arena lomba
display (lapangan) adalah seluas lapangan basket, sekitar ± 25 m x 40 m.
B. PERALATAN
ALAT MUSIK :
a.
Peralatan
Perkusi tidak dibatasi, dapat terdiri dari Battery Percussion dan Hand Cymbals.
b.
Peralatan
tiup yang digunakan adalah semua alat tiup brass dan semua alat
wind/reedinstrument.
c.
Peralatan
Pit Instrument tidak dibatasi (termasuk timpani, drum set, latin percussion,
percussion accessories).
d.
Instrument
Keyboard Percussion (Marching Bells, Xylophone, Vibraphone dan Marimba)
atauSoloist/Narator/Penyanyi dapat menggunakan amplifier listrik dan/atau alat
elektronik lainnyayang berfungsi sebagai alat pengeras suara.
e.
Diperbolehkan
menggunakan peralatan musik elektronik dan peralatan band rhythm
section(Guitar, Bass Guitar, dan Keyboard, Shyntesizer).
f.
Peralatan
Single tone, non-keyed horns (seperti : peluit, sirine, animal calls, dll.)
dapatdipergunakan hanya untuk membangun effect dan tidak digunakan sebagai
bagian suatu melody.
g.
Tidak
diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik (sequenzer) untuk menghasilkan
suararitmik tertentu atau memainkan materi yang sudah direkam terlebih dahulu.
(Penalty – 10)
SUMBER LISTRIK :
a.
Panitia
FMB akan menyediakan 1 (satu) sumber listrik yang dipasang tepat di garis
tengahbagian depan arena lomba. Panitia FMB tidak akan bertanggung jawab
apabila terjadigangguan listrik dari PLN atau sebab-sebab lainnya sehingga
listrik mati yang terjadi pada saatband peserta sedang tampil. Panitia FMB
berhak mengijinkan atau tidak mengijinkan bandpeserta menggunakan listrik untuk
alasan keselamatan dan keamanan band peserta.
b.
Band
peserta dapat menyediakan sendiri sumber listriknya dengan menggunakan tenaga
Baterai(Accu) atau Generator yang tidak mengeluarkan suara mesin yang berisik,
yang dapat terdengardi arena lomba ataupun di tempat duduk juri dan penonton.
c.
Band
peserta harus bertanggung jawab terhadap pengoperasian semua peralatan listrik
yangdigunakannya termasuk peralatan musik elektronik dari kerusakan dan dari
keadaan yangmembahayakan keselamatan pemain. Semua peralatan tersebut harus
dioperasikan olehpemain. (Penalty : 5 – 10).
SOUND SYSTEM :
a. Panitia FMB menyediakan sound system
standar (Cube, Loudspeaker) untuk digunakan oleh band peserta, akan tetapi Band
peserta dapat menyediakan sendiri sound system (Cube,Loudspeaker) yang
dibutuhkan dalam penampilannya dengan menggunakan tenaga baterai(Accu) atau
Genset yang tidak berisik.
b. Kegiatan check sound dan
penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dilakukan olehstaff khusus dari
band peserta. Penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dapatdilakukan
selama Show berlangsung.
c. Penggunaan Mixer diperbolehkan, akan
tetapi harus dioperasikan oleh staf dari band yangbersangkutan. (Penalty : -
2,5)
PERALATAN COLOR GUARD DAN PROPERTY :
a. Corak dan warna bendera color guard tidak
dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan suatunegara. (Penalty : - 2,5)
b. Boleh menggunakan peralatan tambahan lain
seperti Tongkat, Payung, Saber, Riffle, dansebagainya.Dapat menggunakan
property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen Background,Moving
Wall, Gapura, kursi, tangga dan sebagainya).
c. Peralatan besar dan berat serta sukar
untuk disandang (Pit instrument), dapat ditempatkanterlebih dahulu di atas
arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apabilagiliran
penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta yang sedang tampil
terlebihdahulu.
d. Tidak diperbolehkan menggunakan
pyrotechnics, kembang api, obor, cairan yang mudahterbakar atau canisters,
Peralatan pembuat effect, mesin asap, tabung bertekanan,hewan/binatang, balon
berisi helium, laser dan lighting, penghasil panas, penghasil asap,
petasanserta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena
lomba. (Penalty :Diskualifikasi).
e. Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan
alat komunikasi dalam bentuk apapun yangdapat digunakan untuk menerima petunjuk
dari pelatih/officialnya.
f. Peserta tidak diperbolehkan membawa
rostrum untuk field commander, karena panitia telahmenyiapkan/menyediakannya.
(Penalty : - 2,5)
g. Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan
bermotor di dalam arena (Penalty : Diskualifikasi).
h. Diperbolehkan menggunakan kursi roda bagi
pemain yang berkebutuhan khusus.
i. Tidak diperbolehkan merusak lantai arena
karena sebab-sebab : menyeret timpani, menyeretroda yang terkunci dll. (Penalty
-10)
j. Dilarang menggunakan bedak/converti atau
terompet/klakson bertekanan udara (Penalti : -0,1s.d. diskualifikasi).
k. Peserta dilarang memasang sesuatu yang
bersifat permanen di arena lomba. (Penalti : -0,1 s.d.diskualifikasi).
l. Tidak ada ketentuan khusus tentang kostum
pemain, akan tetapi disarankan para pemainmenggunakan kostum yang pantas/sesuai
dengan penampilan dan tidak melanggar norma-normaetika dan kesusilaan.
m. Band peserta dapat menggunakan
property-property lain yang dibutuhkan dalam penampilan.
n. Diperbolehkan menggunakan music stand
selama penampilannya.
o. Partitur lagu yang dimainkan tidak perlu
diserahkan kepada juri.
1. REPERTOIRE
a. Setiap peserta diperkenankan untuk
membawakan lagu-lagunya tanpa dibatasi jumlahnya, baikitu merupakan lagu-lagu
yang terpisah atau berdiri sendiri maupun merupakan suatu rangkaianlagu-lagu
yang biasanya disebut medley atau suatu rangkaian lagu-lagu dari suatu
musicalplay.
b. Tidak ada lagu wajib yang harus
ditampilkan oleh unit peserta. Peserta bebas menentukanlagu-lagu yang akan
ditampilkannya.
c. Ijin penggunaan materi yang mempunyai hak
cipta adalah tanggung jawab band yangbersangkutan.
2. PELAKSANAAN PERSIAPAN PENAMPILAN
a. 60 (enam puluh) menit sebelum jadwal
penampilan yang telah ditentukan, peserta yangbersangkutan beserta seluruh
personilnya harus sudah hadir ditempat lomba.
b.
Setibanya
peserta ditempat lomba, Team Manager harus segera melaporkan kedatanganunitnya
kepada Panitia Penyelenggara (d.h.i. Seksi Roll Call), dimana kepadanya
akandiberikan formulir kedatangan yang wajib diisi saat itu juga. Kemudian saat
itu juga akandiberikan suatu tanda yang wajib dipakai oleh Field Commander
Utama/Drum Majorette Utama.
Selama waktu menunggu giliran
penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan di luar
arena pertandingan, sepanjang tidak menganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.
c.
15
(lima belas) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus
sudah siapditempat yang telah ditentukan (pintu masuk arena lomba), pada saat
itu pula akan dilakukanpemeriksaan oleh seksi Roll Call.
d. Bila sudah tiba saatnya untuk tampil,
seorang petugas akan memberikan isyarat kepadapeserta untuk memasuki arena
lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba di serahkansepenuhnya kepada band
peserta dengan memperhatikan ketentuan tentang durasipenampilan.
e. Selanjutnya peserta menempatkan diri pada
posisi untuk Preshow/Warming Up (Pemanasan)yang boleh diatur/dipilih sendiri
demi efektivitas pemanasan dengan cara membelakangiTribune Utama. Setelah
pemanasan selesai dilakukan, peserta boleh berpindahtempat keposisi awal/start
yang dipilihnya sendiri.
f. Selama peserta mempersiapkan diri, Pemandu
Acara mengumumkan data-data dari pesertayang bersangkutan sesuai dengan apa
yang ditulis oleh Team Manager pada formulir yangdiisinya disaat melapor pada
seksi Roll Call
g. Setelah peserta selesai warming up serta
siap pada posisi awal/start yang ditandai denganmenghadap kembali ke arena
lomba dalam keadaaan sikap istirahat ditempat, maka PemanduAcara akan bertanya
kepada juri sebagai berikut : “Dewan Juri yang terhormat, sudahsiapkah
Anda?” Semua Juri mengangkat tangannya sebagai jawaban/pertanda bahwamereka
sudah siap.Selanjutnya Pemandu Acara akan mengajukan pertanyaan kepada Drum
Major/Drum Majoretteatau Field Commander (bagi peserta yang tidak memakai Drum
Major/Drum Majorette) sebagai berikut: ”Drum Major/Drum Majorette/Field
Comander sudah siapkah unit Anda?”. Untukmenjawab pertanyaan tersebut, Drum
Major/Drum Majorette/ Field Commander menyiapkanunitnya, kemudian memberi
hormat ke arah Tribune Utama dengan gaya dancaranya sendiri. Khusus untuk Drum
Major/Drum Majorette dan Field Commander, setelahpemandu acara mengajukan
pertanyaan seperti tersebut di atas, maka segala gerakan dantindakannya sudah
mulai dinilai. Setelah Drum Major/Drum Majorette dan Field Commandermemberi
hormat, Pemandu Acara akan memberi isyarat kepada peserta yang
bersangkutansebagai berikut : “Silahkan Anda mulai”.
h. Pada akhir penampilannya, Drum Major/Drum
Majorette dan Field Commander wajibmemberikan hormat kepada Tribune Utama.
Setelah memberi hormat DrumMajor/Drum Majorette dan Field Commander supaya
tetap ditempat dahulu, sampai seorangpetugas Panitia FMB menyerahkan suatu
tanda Bukti PrestasiFestival Marching
Band 2014.
i. Peserta lalu bergerak keluar arena lomba
dengan memperhatikan ketentuan march out.
3. KETENTUAN PENAMPILAN
a. Peserta diwajibkan melaksanakan suatu
pagelaran musik dan display dalam suatu arenaOutdoor.
b. Penampilan harus menghadap ke arah dewan
juri kecuali apabila pada saattertentu dimana suatu display mengharuskan
demikian, tetapi berakhir kembali menghadap kearah dewan juri.
c. Pada saat masuk arena lomba (March In)
boleh diiringi Cadence, begitu juga pada saat keluardari arena (March Out).
d. Total waktu penampilan untuk Divisi Drum Senior (Non Brass
maupun Brass)adalah maksimal 20 menit.Total waktu pernampilan
tersebut sudah termasuk: Penempatan peralatan, March In, PreShow (Warm Up),
Penampilan, March Out dan Pengeluaran/Pengambilan Peralatan. Penghitungan
total waktu penampilan dimulai pada saat official/roadies/helper memasuki
arenalomba untuk menempatkan peralatan dan berakhir pada saat
official/roadies/helpermeninggalkan arena lomba (orang terakhir).
e. Tidak ada lagi penghitungan waktu untuk
March In, March Out, Warm Up dan Jeda antar lagu.
f. Kelebihan atas total waktu penampilan akan
dikenakan penalty sebesar 0,1 untuk setiap 5 detikdan kelipatannya dibulatkan
keatas dari total waktu penampilan yang telah ditentukan olehPanitia FMB.
g. Seperti halnya pada awal penampilan, pada
akhir penampilanpun Field Commander wajibuntuk memberi hormat ke arah Tribune
Utama. Pemberian hormat pada akhirpenampilan ini merupakan suatu tanda bahwa
acara pagelaran peserta tersebut telah selesaidilaksanakan dan pada saat yang
bersamaan penghitungan waktu pagelaran dihentikan.
h.
Setelah
itu kepada peserta yang bersangkutan akan diserahkan/diberikan sebuah “TandaBukti
Prestasi Festival Marching Band 2014” yang akan diterima oleh Field
Commander.
i.
Field
Commander/Drum Majorette dinilai secara terpisah. Untuk peserta yang memakai
lebihdari seorang Field Commander/Drum Majorette yang akan dinilai hanyalah
FieldCommander/Drum Majorette Utama saja.
j.
Selama
melaksanakan pagelarannya (lomba), semua alat maupun perlengkapan
diperbolehkanuntuk setiap waktu diletakkan dilantai arena lomba.
k.
Selama
peserta sedang melakukan/melaksanakan pagelarannya, Official atau Roadies
daripeserta yang bersangkutan tidak diperbolehkan berada dalam arena lomba.
Official, Pelatihdan Roadies diperkenankan berada diarena lomba pada saat
pengaturan dan penempatanalat-alat besar di Pit dan perlengkapan lainnya untuk
unsur pendukung sebelum unit pesertamasuk ke arena lomba (march in). Segera
setelah penempatan dan pengaturan alat-alat sertaperlengkapan tersebut selesai,
yang bersangkutan diharuskan segera keluar meninggalkanarena lomba dan
berkumpul/menyaksikan di tempat yang telah ditentukan oleh
PanitiaPenyelenggara.
l.
Para
pemain alat tiup atau perkusi diberi kesempatan untuk keluar dari formasi
unitnya guna memainkan satu atau sejumlah alat musik statis tanpa ada kewajiban
untuk memberi hormat ke arah Dewan Juri.
Seorang pemain
atau lebih dan unit peserta yang sedang melakukan pagelarannya tidak
diperbolehkan keluar dan/atau melanggar batas arena lomba, misalnya naik
dan/atau turun
5)
Contact Person : Rexa Priandini (082118744656)
Rosna Rosdiana (085721214553)
Fadhilla Nur Afifa (082116789870)