Pendaftaran Online

Pendaftaran Online
klik gambar untuk Pendaftaran Online

Labels

Blog Archive

1.      NAMA KEGIATAN : FESTIVAL MARCHING BAND

a)    Lomba
1)      Peserta :
·      Divisi Senior Non Brass (SMP-SMA)
·      Divisi Senior Brass (SMP-SMA)
2)      Tempat Perlombaan :
SMAN 1 Cianjur
3)      Tanggal pelaksanaan:
       Minggu, 8 Maret 2015
       Pukul 07.00 am
4)      Tanggal pendaftaran :
10Januari- 1 Februari
5)       TM : 1 Februari 2015
6)      Biaya Pendaftaran :
Rp. 400.000 -;
4)Teknis Perlombaan :
A. UKURAN LAPANGAN         
Mata lomba display dilaksanakan di ruangan terbuka (Outdoor), dengan ukuran arena lomba display (lapangan) adalah seluas lapangan basket, sekitar ± 25 m x 40 m.
B. PERALATAN
ALAT MUSIK :
a.    Peralatan Perkusi tidak dibatasi, dapat terdiri dari Battery Percussion dan Hand Cymbals.
b.    Peralatan tiup yang digunakan adalah semua alat tiup brass dan semua alat wind/reedinstrument.
c.    Peralatan Pit Instrument tidak dibatasi (termasuk timpani, drum set, latin percussion, percussion accessories).
d.   Instrument Keyboard Percussion (Marching Bells, Xylophone, Vibraphone dan Marimba) atauSoloist/Narator/Penyanyi dapat menggunakan amplifier listrik dan/atau alat elektronik lainnyayang berfungsi sebagai alat pengeras suara.
e.    Diperbolehkan menggunakan peralatan musik elektronik dan peralatan band rhythm section(Guitar, Bass Guitar, dan Keyboard, Shyntesizer).
f.     Peralatan Single tone, non-keyed horns (seperti : peluit, sirine, animal calls, dll.) dapatdipergunakan hanya untuk membangun effect dan tidak digunakan sebagai bagian suatu melody.
g.    Tidak diperbolehkan menggunakan alat musik elektronik (sequenzer) untuk menghasilkan suararitmik tertentu atau memainkan materi yang sudah direkam terlebih dahulu. (Penalty – 10)

SUMBER LISTRIK :
a.     Panitia FMB akan menyediakan 1 (satu) sumber listrik yang dipasang tepat di garis tengahbagian depan arena lomba. Panitia FMB tidak akan bertanggung jawab apabila terjadigangguan listrik dari PLN atau sebab-sebab lainnya sehingga listrik mati yang terjadi pada saatband peserta sedang tampil. Panitia FMB berhak mengijinkan atau tidak mengijinkan bandpeserta menggunakan listrik untuk alasan keselamatan dan keamanan band peserta.
b.    Band peserta dapat menyediakan sendiri sumber listriknya dengan menggunakan tenaga Baterai(Accu) atau Generator yang tidak mengeluarkan suara mesin yang berisik, yang dapat terdengardi arena lomba ataupun di tempat duduk juri dan penonton.
c.     Band peserta harus bertanggung jawab terhadap pengoperasian semua peralatan listrik yangdigunakannya termasuk peralatan musik elektronik dari kerusakan dan dari keadaan yangmembahayakan keselamatan pemain. Semua peralatan tersebut harus dioperasikan olehpemain. (Penalty : 5 – 10).

SOUND SYSTEM :
a.     Panitia FMB menyediakan sound system standar (Cube, Loudspeaker) untuk digunakan oleh band peserta, akan tetapi Band peserta dapat menyediakan sendiri sound system (Cube,Loudspeaker) yang dibutuhkan dalam penampilannya dengan menggunakan tenaga baterai(Accu) atau Genset yang tidak berisik.
b.    Kegiatan check sound dan penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dilakukan olehstaff khusus dari band peserta. Penyetelan/penyesuaian volume dan balance suara dapatdilakukan selama Show berlangsung.
c.     Penggunaan Mixer diperbolehkan, akan tetapi harus dioperasikan oleh staf dari band yangbersangkutan. (Penalty : - 2,5)

PERALATAN COLOR GUARD DAN PROPERTY :
a.     Corak dan warna bendera color guard tidak dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan suatunegara. (Penalty : - 2,5)
b.    Boleh menggunakan peralatan tambahan lain seperti Tongkat, Payung, Saber, Riffle, dansebagainya.Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (Screen Background,Moving Wall, Gapura, kursi, tangga dan sebagainya).
c.     Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (Pit instrument), dapat ditempatkanterlebih dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apabilagiliran penampilannya telah tiba dan tidak mengganggu peserta yang sedang tampil terlebihdahulu.
d.    Tidak diperbolehkan menggunakan pyrotechnics, kembang api, obor, cairan yang mudahterbakar atau canisters, Peralatan pembuat effect, mesin asap, tabung bertekanan,hewan/binatang, balon berisi helium, laser dan lighting, penghasil panas, penghasil asap, petasanserta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena lomba. (Penalty :Diskualifikasi).
e.     Selama penampilan, Pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yangdapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.
f.     Peserta tidak diperbolehkan membawa rostrum untuk field commander, karena panitia telahmenyiapkan/menyediakannya. (Penalty : - 2,5)
g.    Tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan bermotor di dalam arena (Penalty : Diskualifikasi).
h.    Diperbolehkan menggunakan kursi roda bagi pemain yang berkebutuhan khusus.
i.      Tidak diperbolehkan merusak lantai arena karena sebab-sebab : menyeret timpani, menyeretroda yang terkunci dll. (Penalty -10)
j.      Dilarang menggunakan bedak/converti atau terompet/klakson bertekanan udara (Penalti : -0,1s.d. diskualifikasi).
k.    Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanen di arena lomba. (Penalti : -0,1 s.d.diskualifikasi).
l.      Tidak ada ketentuan khusus tentang kostum pemain, akan tetapi disarankan para pemainmenggunakan kostum yang pantas/sesuai dengan penampilan dan tidak melanggar norma-normaetika dan kesusilaan.
m.  Band peserta dapat menggunakan property-property lain yang dibutuhkan dalam penampilan.
n.    Diperbolehkan menggunakan music stand selama penampilannya.
o.    Partitur lagu yang dimainkan tidak perlu diserahkan kepada juri.

1.    REPERTOIRE
a.    Setiap peserta diperkenankan untuk membawakan lagu-lagunya tanpa dibatasi jumlahnya, baikitu merupakan lagu-lagu yang terpisah atau berdiri sendiri maupun merupakan suatu rangkaianlagu-lagu yang biasanya disebut medley atau suatu rangkaian lagu-lagu dari suatu musicalplay.
b.    Tidak ada lagu wajib yang harus ditampilkan oleh unit peserta. Peserta bebas menentukanlagu-lagu yang akan ditampilkannya.
c.    Ijin penggunaan materi yang mempunyai hak cipta adalah tanggung jawab band yangbersangkutan.

2.    PELAKSANAAN PERSIAPAN PENAMPILAN
a.    60 (enam puluh) menit sebelum jadwal penampilan yang telah ditentukan, peserta yangbersangkutan beserta seluruh personilnya harus sudah hadir ditempat lomba.
b.    Setibanya peserta ditempat lomba, Team Manager harus segera melaporkan kedatanganunitnya kepada Panitia Penyelenggara (d.h.i. Seksi Roll Call), dimana kepadanya akandiberikan formulir kedatangan yang wajib diisi saat itu juga. Kemudian saat itu juga akandiberikan suatu tanda yang wajib dipakai oleh Field Commander Utama/Drum Majorette Utama.
Selama waktu menunggu giliran penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan di luar arena pertandingan, sepanjang tidak menganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.
c.    15 (lima belas) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus sudah siapditempat yang telah ditentukan (pintu masuk arena lomba), pada saat itu pula akan dilakukanpemeriksaan oleh seksi Roll Call.
d.   Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat kepadapeserta untuk memasuki arena lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba di serahkansepenuhnya kepada band peserta dengan memperhatikan ketentuan tentang durasipenampilan.
e.    Selanjutnya peserta menempatkan diri pada posisi untuk Preshow/Warming Up (Pemanasan)yang boleh diatur/dipilih sendiri demi efektivitas pemanasan dengan cara membelakangiTribune Utama. Setelah pemanasan selesai dilakukan, peserta boleh berpindahtempat keposisi awal/start yang dipilihnya sendiri.
f.     Selama peserta mempersiapkan diri, Pemandu Acara mengumumkan data-data dari pesertayang bersangkutan sesuai dengan apa yang ditulis oleh Team Manager pada formulir yangdiisinya disaat melapor pada seksi Roll Call
g.    Setelah peserta selesai warming up serta siap pada posisi awal/start yang ditandai denganmenghadap kembali ke arena lomba dalam keadaaan sikap istirahat ditempat, maka PemanduAcara akan bertanya kepada juri sebagai berikut : “Dewan Juri yang terhormat, sudahsiapkah Anda?” Semua Juri mengangkat tangannya sebagai jawaban/pertanda bahwamereka sudah siap.Selanjutnya Pemandu Acara akan mengajukan pertanyaan kepada Drum Major/Drum Majoretteatau Field Commander (bagi peserta yang tidak memakai Drum Major/Drum Majorette) sebagai berikut: ”Drum Major/Drum Majorette/Field Comander sudah siapkah unit Anda?”. Untukmenjawab pertanyaan tersebut, Drum Major/Drum Majorette/ Field Commander menyiapkanunitnya, kemudian memberi hormat ke arah Tribune Utama dengan gaya dancaranya sendiri. Khusus untuk Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander, setelahpemandu acara mengajukan pertanyaan seperti tersebut di atas, maka segala gerakan dantindakannya sudah mulai dinilai. Setelah Drum Major/Drum Majorette dan Field Commandermemberi hormat, Pemandu Acara akan memberi isyarat kepada peserta yang bersangkutansebagai berikut : “Silahkan Anda mulai”.
h.    Pada akhir penampilannya, Drum Major/Drum Majorette dan Field Commander wajibmemberikan hormat kepada Tribune Utama. Setelah memberi hormat DrumMajor/Drum Majorette dan Field Commander supaya tetap ditempat dahulu, sampai seorangpetugas Panitia FMB menyerahkan suatu tanda Bukti PrestasiFestival Marching Band 2014.
i.      Peserta lalu bergerak keluar arena lomba dengan memperhatikan ketentuan march out.

3.    KETENTUAN PENAMPILAN
a.    Peserta diwajibkan melaksanakan suatu pagelaran musik dan display dalam suatu arenaOutdoor.
b.    Penampilan harus menghadap ke arah dewan juri kecuali apabila pada saattertentu dimana suatu display mengharuskan demikian, tetapi berakhir kembali menghadap kearah dewan juri.
c.    Pada saat masuk arena lomba (March In) boleh diiringi Cadence, begitu juga pada saat keluardari arena (March Out).
d.   Total waktu penampilan untuk Divisi Drum Senior (Non Brass maupun Brass)adalah maksimal 20 menit.Total waktu pernampilan tersebut sudah termasuk: Penempatan peralatan, March In, PreShow (Warm Up), Penampilan, March Out dan Pengeluaran/Pengambilan Peralatan. Penghitungan total waktu penampilan dimulai pada saat official/roadies/helper memasuki arenalomba untuk menempatkan peralatan dan berakhir pada saat official/roadies/helpermeninggalkan arena lomba (orang terakhir).
e.    Tidak ada lagi penghitungan waktu untuk March In, March Out, Warm Up dan Jeda antar lagu.
f.     Kelebihan atas total waktu penampilan akan dikenakan penalty sebesar 0,1 untuk setiap 5 detikdan kelipatannya dibulatkan keatas dari total waktu penampilan yang telah ditentukan olehPanitia FMB.
g.    Seperti halnya pada awal penampilan, pada akhir penampilanpun Field Commander wajibuntuk memberi hormat ke arah Tribune Utama. Pemberian hormat pada akhirpenampilan ini merupakan suatu tanda bahwa acara pagelaran peserta tersebut telah selesaidilaksanakan dan pada saat yang bersamaan penghitungan waktu pagelaran dihentikan.
h.    Setelah itu kepada peserta yang bersangkutan akan diserahkan/diberikan sebuah “TandaBukti Prestasi Festival Marching Band 2014” yang akan diterima oleh Field Commander.
i.      Field Commander/Drum Majorette dinilai secara terpisah. Untuk peserta yang memakai lebihdari seorang Field Commander/Drum Majorette yang akan dinilai hanyalah FieldCommander/Drum Majorette Utama saja.
j.      Selama melaksanakan pagelarannya (lomba), semua alat maupun perlengkapan diperbolehkanuntuk setiap waktu diletakkan dilantai arena lomba.
k.    Selama peserta sedang melakukan/melaksanakan pagelarannya, Official atau Roadies daripeserta yang bersangkutan tidak diperbolehkan berada dalam arena lomba. Official, Pelatihdan Roadies diperkenankan berada diarena lomba pada saat pengaturan dan penempatanalat-alat besar di Pit dan perlengkapan lainnya untuk unsur pendukung sebelum unit pesertamasuk ke arena lomba (march in). Segera setelah penempatan dan pengaturan alat-alat sertaperlengkapan tersebut selesai, yang bersangkutan diharuskan segera keluar meninggalkanarena lomba dan berkumpul/menyaksikan di tempat yang telah ditentukan oleh PanitiaPenyelenggara.
l.      Para pemain alat tiup atau perkusi diberi kesempatan untuk keluar dari formasi unitnya guna memainkan satu atau sejumlah alat musik statis tanpa ada kewajiban untuk memberi hormat ke arah Dewan Juri.
Seorang pemain atau lebih dan unit peserta yang sedang melakukan pagelarannya tidak diperbolehkan keluar dan/atau melanggar batas arena lomba, misalnya naik dan/atau turun
5)      Contact Person : Rexa Priandini (082118744656)
Rosna Rosdiana (085721214553)
Fadhilla Nur Afifa (082116789870)